Pengertian Server Pulsa dan Cara Kerjanya

Pengertian dan Cara Kerja Server Pulsa - Server Pulsa adalah suatu Server yang dipergunakan untuk melakukan transaksi pulsa elektrik. Pada perkembangannya, server pulsa di Indonesia  tidak hanya melayani penjualan pulsa untuk komunikasi, tetapi juga melayani pembelian Voucher Token PLN dan  pembelian Voucher Game Online.

Pengertian Server Pulsa

Berbicara tentang bisnis pulsa, maka banyak orang yang sudah tahu mengenai bisnis ini. Bisnis ini banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia karena kemudahan dan tidak membutuhkan modal dengan jumlah besar. Hanya denagn modal Rp 50.000 saja kita sudah bisa menjual pulsa.

Bisnis pulsa elektrik ini berkembang sejak dikeluarkannya berbagai jenis voucher elektronik dimana voucher ini jauh lebih mudah pengunaannya dan lebih simpel dalam mengisi  pulsa elektrik.
Banyak outlet-outlet yang menggunakan chip-chip khusus seperti misalnya MKIOS ( Telkomsel). MTRONIK ( Indosat), DOMPUL ( XL) dll dalam melayani pembelian pulsa elektrik kepada pelanggannya, Tetapi karena jumlah provider di Indonesia  banyak macamnya, maka dipastikan butuh  sebuah chip khusus sesuai dengan jumlah provider yang ada, misal saja jika ada 10 maka dibutuhkan 10 chip khusus ini.

Jika tidak mau kerepotan maka kamu juga harus membeli handphone sejumlah chip khusus yang akan dipergunakan, jika mengikuti contoh di atas.  Satu handphone untuk satu chip. Kamu punya 10 chip, maka handphone yang dibutuhkan untuk bertransaksi pulsa juga harus berjumlah 10 buah.

Membayangkan yang demikian, ah..betapa repotnya, selain tidak praktis, penggunaan chip untuk masing-masing provider ini juga membutuhkan yang besar. Bagaimana tidak, untuk menyediakan semua jenis pulsa elektrik pada satu outlet pulsa saja, maka kamu harus menyediakan banyak handphone dan melakukan order stok ke masing-masing provider, tentu menyita waktu dan tenaga
Disinilah keberadaan server pulsa berperan  yaitu menyederhanakan semua proses pengisian pulsa elektrik ke pelanggan dengan melalui perintah praktis dengan satu nomor handphone, bahkan nmor HP kita sendiri
Sangat mudah sekali kan. Jadi, server pulsa lah yang melakukan order stok dari provider dan menyiapkan segala peralatan untuk menunjang transaksi pulsa elektrik, sehingga server pulsa jelas memberikan kemudahan, kenyamanan dan kepraktisan yang tidak ingin repot.
Hanya  dengan 1 deposit maka kita sudah dapat melakukan pengisian pulsa elektrik ke semua provider yang ada di Indonesia.
Jadi kesimpulannya, fungsi server pulsa adalah menyederhanakan proses pengisian pulsa elektrik. Berikut gambaran cara kerja server pulsa.


Server Pulsa – Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalakan Server Pulsa adalah server dengan kualitas yang tinggi karena akan melayani  transaksi 24 jam Non Stop.
Maka dari itu, kami Jasa Server Pulsa  menyediakan paket server pulsa dengan spesifikasi terbaru, karena kami melakukan upgrading perangkat keras server setiap 1 Tahun sekali yang dilakukan pada Bulan April. Upgrading ini ditujukan supaya server kami selalu dalam keadaan optimal untuk melayani puluhan ribu transaksi pulsa elektrik tiap harinya. 
Ironisnya, banyak juga server pulsa yang sengaja “asal-asalan” dalam melayani pelanggannya dngan hanya memakai CPU biasa yang dipakai di rumah-rumah, hanya memakai spesifikasi komputer yang dibawah Standar.
Bahkan masih ada juga yang menggunakan CPU dengan prosessor intel pentium III untuk melayani transaksi, jadi cermat  dalam memilih server pulsa yang baik untuk  memulai bisnis pulsa ini.

Disamping perangkat keras, tentu server pulsa juga membutuhkan adanya  perangkat lunak. Perangkat lunak yang paling utama adalah software server tersebut, alah satunya adah software ROKET PULSA.

Server Pulsa – Business Process


Dari tulisan tersebut diatas sedikit banyak kita bisa mengetahui apa itu server pulsa, kegunaan dari server pulsa dan peralatan serta software yang digunakan. 
Mari kita lanjut  dengan proses-proses apa saja yang terjadi pada seperangkat soerver pulsa sehingga transkaksi pulsa kamu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

1. Input Server Pulsa
Server pulsa bisa bergerak atas perintah kita, dan perlu diketahui server pulsa tidak akan melakukan aktivitas apapun tanpa ada perintah yang dikirimkan oleh reseller yang sudah terdaftar didalam databasenya. Perintah-perintah yang dikirimkan seperti cek saldo, cek harga dll. adalah merupakan sebuah Input bagi server untuk mulai melakukan pekerjaan selanjutnya.
Input ini diterima oleh device SMS Center server. Perintah ini ialah sebuah keyword yang sudah ditentukan dari pengelola server , misalnya jika ingin melakukan cek saldo maka  perintahnya  mengetik: S.PIN , maka artinya S ialah keyword bagi server untuk melakukan pekerjaan cek saldo.
Contoh kedua ialah transaksi dengan format misalnya : S5.081285001987.1234 , dari format tersebut server akan membaca bahwa jika baris pertama adalah kode produk maka keyword tersebut adalah sebuah perintah untuk melakukan transaksi pulsa elektrik. 

2. Proses Server Pulsa

Setelah server pulsa kita menerima input atau perintah, maka yang dilakukan server selanjutnya adalah segera mengerjakan perintah tadi sesuai dengan keyword yang dikirimkan. Misalnya  keyword Cek Saldo yaitu S, maka apabila server menerima keyword S, secara otomatis server  akan membaca Sisa Saldo  kita pada database server dan mengirimkan laporan dalam bentuk yang sudah ditetapkan oleh pengelola server.
Lain halnya dengan transaksi karena proses ini memang lebih panjang dari proses cek saldo.
Jika pelanggan mengirimkan format transaksi maka yang pertama dilakukan oleh server adalah mengecek dan memotong saldo sesuai dengan harga pulsa elektrik yang  dieksekusi. Setelah Saldo mencukupi, maka server akan meneruskan perintah pengisian pulsa tadi untuk memasukkannya ke dalam tabel transaksi, lalu setelah masuk ke tabel transaksi tersebut, maka transaksi tersebut akan diproses oleh Modul-modul yang ditentukan oleh pengelola Server.
Modul yang terdapat didalam server banyak jenisnya contoh jika ingin melakukan transaksi MKIOS dan DOMPUL maka modul yang akan digunakan adalah Modul Dial, tetapi jika ingin melakukan transaksi MTRONIK maka yang dipergunakan adalah Modul STK, 
Modul-modul ini terlebih dahulu telah disetting sedemikian rupa untuk menjalankan perintah transaksi pengisian pulsa elektrik. Lalu setelah Modul bekerja maka modul tersebut akan memberikan sebuah respon, apakah transaksi sukses ataukah transaksi ini Gagal? Setelah respon status diterima dari Modul maka server pun secara otomatis akan mengirimkan laporannya kepada kita.

3. Output Server Pulsa

Setelah proses input dan proses transaksi dilakukan, maka langkah berikutnya server akan memproses laporan/reply/balasan kepada reseller yang bersangkutan. pekerjaan ini dilakukan oleh sebuah device yang bernama SMS Sender, yaitu sebuah device yang melakukan pengiriman laporan melalui SMS kepada agen dalam bentuk format yang sudah ditetapkan oleh pengelola. 
Tetapi lain halnya jika kita mengirimkan format transaksi ke YM Center melalui yahoo messenger, maka yang melakukan pengiriman adalah YM Sender sehingga terjadi sinkronisasi antara center dan sender pada server pulsa.
Demikian artikel mengenai pengertian dan cara kerja server pulsa all operator.
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

Lokasi Jasa Server Pulsa