Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa

Alat Server Pulsa - Server Isi Ulang Pulsa adalah sebuah perangkat komputer  yang didalamnya sudah terinstall sebuah software pulsa yang yang integrasikan/ dihubungkan dengan modem atau handphone (lebih dari satu) yang berisi  chip dari operator komunikasi yang ada , misalkan: M-KIOS, DOMPUL, SEV, MTRONIK, FLEXI dan lain-lain.
Prinsip utamanya, kerja dari seperangkat komputer ini adalah untuk meringkankan kerja manusia dalam praktik penjualan pulsa komunikasi.
alat server pulsa
Modempool 16 Port USB, modem handal yang banyak digunakan oleh pengusaha server pulsa

Lalu apa saja alat-alat server pulsa yang dibutuhkan?
Alat server pulsa yang dibutuhkan diantaranya:
  1. Komputer/ Laptop
  2. Handphone ( HP Siemens C55, A55 dll)
  3. Modem ( Modem Weavecom Single, Modempool 8, Modempool 16 dll)
  4. USB Hub
  5. PCI USB Hub
  6. Power Supply External ( untuk daya HP)
  7. UPS (Uninterruptible Power Supply)
Untuk lebih jelasnya, akan dibahas secara detail mengenai alat-alat server pulsa.

Alat-alat  Server Pulsa

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat server pulsa diantaranya:
1. Komputer

Untuk komputer, sebaiknya minimal mengusung Processor Dual Core atau  Quad Core, baik yang INTEL maupun AMD dengan kapasitas minimal RAM 1 GB. Jika memungkinkan, kapastitas RAM tingkatkan menjadi 2 GB supaya kinerja server pulsa bisa maksimal. 
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa

Lalu bagaimana dengan Laptop? Laptop juga bisa digunakan untuk menjalankan software server pulsa. Hanya saja, disini kita berbicara masalah ketahanan dan kinerja. Sebuah seperangkat komputer server pulsa akan berjalan selama 24 jam non stop 7 hari dalam seminggu. Dan daya tahan tersebut hanya teratasi dengan menggunakan seperangkat komputer, bukan laptop.

2. Modem
Jika anda seorang pengusaha server pulsa atau baru berencana memulai, maka anda harus tahu perbedaan modem GSM dan HP/Ponsel GSM yang biasa seperti Siemens C55 / M55 yang dulu banyak digunakan pada server pulsa.
Menggunakan HP Siemens sudah lama ditinggalkan ole pelaku bisnis server pulsa karena kurang praktis dan daya tahan yang kurang bagus. Pilihan saat ini adalah modem, dimana modem  memiliki banyak kelebihan yang  membantu kelancaran transasi pulsa.
Berikut ini adalah beberapa kelebihan Modem GSM dibanding HP biasa:
  • Mampu melakukan transaksi yang jauh lebih cepat dibanding hp biasa (2x – 5x lebih cepat)
  • Mampu menampung volume transaksi yang besar
  • Mampu merespon  transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat
  • Lebih awet serta  perawatannya lebih mudah
Berikut ini beberapa jenis dan type modem yang banyak digunakan oleh pelaku usaha server pulsa.
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Modem Wavecom single USB
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Modempool 8 Port USB
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Modem Pool Port 16 USB
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Modem Pool 32 Posrt USB
Beberapa modem diatas berfungsi sama yaitu untuk perantara transaksi yang berupa Center ( Nomor pusat transkasi), Sender ( Pusat respon transkasi) dan Chip operator. Jika kita menggunakan Modem single seperti gambar paling atas, berarti dibutuhkan lebih dari dua modem tersebut untuk satu server pulsa.

3. Software isi ulang pulsa one chip all operator
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa

Software isi ulang pulsa adalah sebuah software yang mengatur prose sisi ulang pulsa sehingga semua berjalan secara otomatis tanpa campur tangan manusia lagi. Ada banyak software pulsa yang ada dipasaran, namun kami merekomendasikan dengan menggunakan software ROKET PULSA  dan C2 Metro Pro. Kedua software tersebut terpercaya dalam menopang kami sebagai sebuah jasa pembuata server pulsa. Tentu saja software tersebut harus diinstal dan disetting pada koputer kita sedemikian rupa. Jadi, software merupakan salah satu alat server pulsa yang berperan vital.

4. UPS / Penyedia Listrik Tersimpan 
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Uninterruptible Power Supply atau UPS  adalah alat back up listrik pada PC atau kehilangan energi dari sumber utamanya.
UPS ini  bekerja diantara komputer dan colokan listrik, dari colokan listrik yang dialirkan ke Batatre yang berada pada UPS , kemudian di simpan untuk kestabilan tegangan energi. listrik yang disimpan pada batre tersebut  akan di pakai ketika sumber energi utama listrik terputus. Fungsi Utama UPS adalah :
  1. Memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama (PLN).
  2. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita agar  segera menghidupkan Genset sebagai pengganti PLN.
  3. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita  agar segera melakukan back up data dan mengamankan Operating System (OS) dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika listrik utama (PLN) padam ( tiak berlaku pada servre pulsa, karena server pulsa harus terus berjalan)
  4. Mengamankan sistem komputer dari gangguan  listrik yang dapat mengganggu sistem komputer baik berupa kerusakan software,data maupun kerusakan hardware.
  5. UPS secara otomatis dapat melakukan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahan tegangan pada input sehingga tegangan output yang digunakan oleh sistem komputer berupa tegangan yg stabil.
  6. UPS dapat melakukan diagnosa dan management terhadap dirinya sendiri sehingga memudahkan pengguna untuk mengantisipasi jika akan terjadi gangguan terhadap sistem.
  7. User friendly dan mudah dalam installasi.
  8. User dapat melakukan kontrol UPS melalui Jaringan LAN dengan menambahkan beberapa accessories yang diperlukan.
  9. Dapat diintegrasikan dengan jaringan Internet.

Cara Kerja Server Pulsa, Rumit atau Mudah?

Seperti apa rumitnya seandainya tidak ada server pulsa?
Sebelum menyiapkan alat-alat server pulsa, perlu anda pahami bagaimana cara kerja server pulsa.
Bayangkan jika anda menjual pulsa, menyiapkan banyak HP untuk masing-masing chip operator, misalnya HP 1 untuk chip M-KIOS ( Produk telkomsel), HP 2 untuk chip MTRONIK ( produk Indosat ), HP 3 untuk produk Dompet Pulsa ( produk xl) dan seterusnya. Jika saat ini tak kurang dari 15 provider komunikasi di Indonesia, artinya anda juga harus menyiapkan lebih dari 15 HP.
Bayangkan, betapa repotnya cek stok, betapa repotnya saat isi ulang dan berapa biaya operasional untuk menghidupi HP tersebut.

Maka, dengan kehadiran sebuah sistem server isi ulang pulsa all operator, semua menjadi mudah. Cukup  satu nomor HP yang terdaftar pada suatu server pulsa, dengan perintah tertentu maka proses isi ulangpulsa untuk operator selular apapun bisa terlayani. Berikut skema atau gambaran server pulsa.
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa

Atau untuk lebih mudahnya gambaran cara kerja server pulsa, lihat gambar ini!
Alat-alat untuk Membuat Server Pulsa
Jadi, dengan satu perintah tertentu yang dikirim via SMS dari HP kita ke server isi ulang pulsa, maka server yang bekerja menyampaikan perintah ke setiap operator untuk mengisi pulsa. Beres!

Demikian ulasan mengenai alat-alat yang dibutuhkan dalam mendirikan sebuah server isi ulang pulsa elektrik all operator. Semua bisa disesuaikan dengan modal anda.
Selamat memulai usaha, dan kami akan selalu mengiring anda.
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment